1200 Personil Senkom Mitra Polri Apel PamKamtibmas Pilkada Jabar

SENKOM.or.id | BERITANUSA - Dalam rangka turut berperan aktif dalam menciptakan suasan kondusif berkaitan dengan Pilkada Jawa Barat, Senkom Mitra Polri hari ini, Rabu (20/2) menghadiri apel siaga pengamanan Pilkada Jawa Barat di Mapolda Jawa Barat. Sebanyak 1200 personil yang hadir merupakan perwakilan dari masing-masing wilayah hukum Polres/Polresta se-Jawa Barat.

Senkom Mitra Polri yang berdiri sejak tahun 2004 dan anggotanya tersebar di 485 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, keberadaannya adalah untuk membantu tugas-tugas polisi dengan memberikan informasi yang berkembang di masyarakat sebagai upaya kewaspadaan dini berkaitan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Disamping itu juga dibentuk Senkom Rescue untuk deteksi dini dan penanggulangan bencana.

"Senkom ini dibentuk untuk meringankan tugas-tugas polisi sebagai mitra masyarakat agar lebih memudahkan dalam tugas-tugasnya. Bila ada kejadian apapun dapat turut mengamankan TKP, dan menyerahkan seluruhnya pada polisi, bila ada kejadian bencana lebih sigap dalam membantu pihak terakit untuk bersikap sehingga pihak seperi BNPB/BPBD dapat lebih cepat memberikan bantuan pada masyarakat yang terkena bencana,” terang Ketua Umum Senkom Mitra Polri, H. Muhammad Sirot, SH, SIP.

Seiring dengan perkembangan fungsi Senkom yang semakin dirasakan keberadaannya di dalam masyarakat maupun pemerintah, kini Senkom lambat laun terus mengembangkan kemitraan lintas lembaga dan lintas sektoral. Dan hal ini dibarengi dengan peningkatan kemampuan personil Senkom baik dalam Kamtibmas, Kebencanaan, IT/Telematika, Komunikasi dan Informasi melalui diklat-diklat yang diselenggarakan di pusat maupun daerah-daerah.

Penyematan PIN Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Bertempat di halaman Mapolda Jawa Barat Jalan Soekarno Hatta Bandung, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya menyematkan PIN Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Kepada Perwakilan Senkom Mitra Polri se-Propinsi Jawa Barat dengan disaksikan jajaran Kepolisian serta 1200 personil Senkom.

Acara penyematan PIN Pelopor Keselamatan Lalu Lintas itu berlangsung di tengah rangkaian apel Kamtibmas Pengamanan Pilkada Jawa Barat. Senkom Mitra Polri mengerahkan perwakilan anggotanya dari seluruh Polres di wilayah hukum Jawa Barat untuk mengikuti apel tersebut.

Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs Tubagus Anis Angkawijaya M.Si., menyampaikan bahwa Gerakan Pelopor Keselamatan lalu lintas penting digulirkan agar menjadi budaya baru seiring dengan tujuan UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, apalagi  Polisi bukan manusia super yang bisa melakukan segalanya, butuh bantuan semua pihak untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang cenderung meningkat.

Diharapkan agar Para Garda Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dapat mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga dapat  meningkatkan  kesadaran keselamatan lalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai  kebutuhan yang sudah menjadi program pemerintah yaitu Rencana Umum Nasional Keselamatan Jalan, hal ini juga mendukung Program Dekade Keselamatan Jalan yang dicanangkan PBB (WHO) tahun 2011-2020 yang bertujuan mengendalikan dan dapat mengurangi fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Sebagai Ormas dengan domain Kamtibmas, Senkom Mitra Polri memiliki keunikan dalam pola rekrutmen anggotanya. Selain harus bekerja atau mandiri secara ekonomi, calon anggota harus lulus fit and proper test yang salah satunya 5 M atau Moh Limo, atau tidak melakukan 5 hal: Madat, Mabuk, Main, Madon, Maling.

"Anggota Senkom Mitra Polri itu selain harus bekerja dan mandiri secara ekonomi, juga harus berakhlak baik, bersih lingkungan dan moh limo yaitu madat, tidak hanya narkoba saja tapi juga tidak merokok. Kemudian tidak suka mabuk miras, tidak main judi, tidak main perempuan atau madon, dan tidak maling atau kriminil. Karena kita tidak mau anggota justru melakukan pelanggaran hukum," jelas Ketua Umum Senkom Mitra Polri HM. Sirot, SH, SIP
sumber: BERITANUSA

Posting Komentar

3 Komentar

  1. bravo Senkom Mitra Polri tetap semangat pantang mundur, i like it...

    BalasHapus
  2. MANTAP --> KEEP SAFETY RIDING.

    Join with us " JOKAM RIDERS INDONESIA " --> http://jokamriders.indonesianforum.net/forum

    BalasHapus

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Sebaiknya komentar sesuai berita yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Komentar ditayangkan setelah melalui moderasi. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)