Senkom Mitra Polri Sintang Latih 60 Anggotanya

Ketua Umum Senkom Mitra Polri
(foto:generasiindonesia.com)
Senkom.or.id | Sintang-KOTA - Sentra Komunikasi (Senkom) menggelar pelatihan pada 60 Pemuda Kamtibmas Mitra Polri selama dua hari yang di gelar di Gedung Cadika Baning Sintang, Pelatihan di buka oleh Wakil Bupati Sintang Ignasius Juan, Senin (18/2/2013) ditandai dengan penyemataan tanda kepesertaan pelatihan.

Ketua Senkom Kabupaten Sintang Solikhin, S. Sos, Msi mengatakan Pembentukan Senkom Mitra Polisi ini diharapkan dapat memberikan rasa nyaman di masyarakat dan membantu tugas tugas polisi dalam memberikan informasi  yang berkembang di masyarakat sebagai upaya kewaspadaan dini berkaitan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Pelatihan yang dilaksanakan dari 18 hingga 19 februari ini membekali para anggota dengan materi-materi dari pihak kepolisian, seperti bidang deteksi dini, Bimas, dan lantas. Diharapkan materi-materi yang diberikan ini menjadi acuan para anggota dalam menjalankan tugasnya di masyarakat,” jelas Solikhin.

Selain dari Kepolisian para peserta ini juga dibekali materi-materi dari Kejaksaan Negeri Sintang dan Kodim 1205 Sintang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah  serta unsur kepemudaan.

Sementara Ketua Umum Senkom Pusat, Muhammad Sirot mengatakan Senkom ini dibentuk untuk meringankan tugas-tugas polisi sebagai mitra masyarakat agar lebih memudahkan dalam tugas tugasnya.

“Bila ada kejadian apapun dapat turut mengamankan TKP, dan menyerahkan seluruhnya pada polisi, bila ada kejadian bencana lebih sigap dalam membantu pihak terakit untuk bersikap sehingga pihak seperi BPBD dapat lebih cepat memberikan bantuan pada masyarakat yang terkena bencana,” jelas Muhammad Sirot.

Efektifitas dalam tanggap darurat bencana maupun kejadian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dapat lebih dini di antisipasi.

Menurut Muhammad Sirot saat ini ada 485 Kabupaten di Indonesia yang telah membentuk Senkom Mitra polisi ini, para anggota Senkom merupakan orang–orang terpilih yang memilki penghasilan baik dari berbagai latar belakang sehingga mereka tidak akan memanfaatkan OKP ini menjadi ladang premanisme.

Kapolres Sintang AKBP  Oktavianus Martin menyambut baik hadirnya Ormas ini sehingga semakin dapat membantu fungsi fungsi kepolisian, sehingga dapat memelihara Kamtibmas minimal dalam lingkungannya, dan menjadi sumber informasi pihak kepolisian karena lingkup tugas Senkom sangat luas, seperti bidang SAR.

“Tugas mereka tidak hanya membantu Polri tapi juga Pemerintah daerah dan instansi lain ketika daerah menghadapi bencana, sehingga keterlibatan mereka tidak hanya di kepolisian tapi juga TNI dan instansi lainya,” jelas Kapolres. (kalimantan-news)

Posting Komentar

1 Komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Sebaiknya komentar sesuai berita yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Komentar ditayangkan setelah melalui moderasi. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)