Headlines
Published On:Sabtu, 09 November 2013
Posted by Senkom Mitra Polri

Jangkau Semua Teluk Palu, Korban Tenggelam Berhasil Ditemukan

Senkom.or.id | Palu – Wage Supratman (56) warga Jl Sulawesi Bawah, Kel. Lolu Utara, Kota Palu berhasil ditemukan tim SAR Senkom Rescue jam 13.45 (7/11/13) setelah dilakukan pencarian selama 2 hari di perairan pantoloan, dalam keadaan sudah meninggal.

Menurut adiknya yang bernama Keling, mereka berdua semula memancing di atas perahu, Selasa (5/11/13) setelah angin dan ombak mulai besar mereka menuju bagang untuk mengikat perahunya, selanjutnya keduanya memancing dari atas bagang. Mengetahui perahunya terlepas talinya dan mulai menjauh, Wage Supratman langsung meloncat ke air, namun naas korban tenggelam.

"Sebenarnya saya sudah melarang" keluh Keling. Melihat kakaknya mulai tenggelam Keling langsung terjun ke laut untuk menolong, namun Keling tidak berhasil menolong, akhirnya kembali ke daratan sejauh 1 km di kampung nelayan. Keling langsung minta bantuan warga dan melapor ke POLSEK Palu Timur. 

Rasa kemanusiaan selalu melekat pada jiwa kami untuk menolong warga yang terkena musibah, ujar Samsudin anggota Senkom Rescue Palu sesaat setelah selesai melakukan evakuasi.

Kendala komunikasi di Teluk Palu selama ini juga sudah bisa kami atasi dengan menggunakan alat komunikasi  yang sudah kami pasang, tambahnya.

Kronologis:
1.    Selasa 5 Nopember 2013, Jam 17.00 Wita Kantor SAR palu menerima berita ada seorang nelayan tenggelam, dan  langsung ditindaklanjuti dengan mengerahkan anggota SAR didukung fasilitas 3 buah perahu, 1 Rib dan 2 rubber boat.

2.    Beberapa unsur SAR langsung bergabung diantaranya SAR Brimobda Sulteng, SENKOM Sulteng, Senkom Kota Palu Dan Donggala, ORARI Donggala, Mapatala UNTAD, Mapala STIE, Persatuan Nelayan Teluk Palu, Persatuan Mancing Indonesia Palu.

3.    Rabu 6 Nopember, 17.30 wita, evaluasi dan koordinasi setelah pencarian hari pertama. Ada kendala tentang komunikasi yang terputus saat SRU (SAR Unit) air melakukan pencarian pada tempat  agak jauh, sehingga harus me-relay beberapa kali informasi ke posko Induk.

4.    Diputuskan semua operasi menggunakan alat komunikasi Senkom Rescue berupa HT dan RPU (Radio Pancar Ulang) yang bisa menjangkau seluruh teluk Palu.

5.    Kamis 7 Nopember 2013 pukul 08.00 Wita operasi hari ke 3 dilaksanakan, dengan pembagian 3 SRU air ( 1 Rib, 2 Rubber boat) dan 2 SRU darat ( dari POSKO menyisir pantai ke arah utara dan selatan), semuanya terdapat anggota Senkom lengkap dengan alat komunikasinya.

6.    Kasi Ops terus melakukan koordinasi dan memberikan instruksi pada ketua SRU menggunakan  alat komunikasi Senkom, karena alat komunikasi ini bisa digunakan untuk koordinasi dengan yang  beroperasi di titik terjauh perairan Tanjung Karang.

7.    Kamis 7 Nopember 2013  Pukul  13.30 wita korban berhasil ditemukan dan dievakuasi di perairan Pantoioan bergeser beberapa mil dari wani, dibawa oleh rubber boat dengan ditempel Rib (supaya agak stabil menghadapi ombak) 

8.    Pukul 15.30 wita korban berhasil dibawa merapat di POSKO SAR pantai nelayan dan langsung dibawa ke rumah keluarga korban. (Sulteng 12, Sulteng 01.09)

Foto-foto:
SAR Senkom menyisir pantai teluk Palu
Koordinasi dengan keluarga korban
TIM SAR mulai menyisir pantai
Tim Evakuasi
Bagang tempat korban mancing
Time Evakuasi
Korban tenggelam berhasil dievakuasi





About the Author

Posted by Senkom Mitra Polri on 15.35. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Senkom Mitra Polri on 15.35. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

2 komentar for "Jangkau Semua Teluk Palu, Korban Tenggelam Berhasil Ditemukan"

  1. Senkom Murray Polri pegang teguh jati diri, tugas telah menanti amankan ibu pertiwi...
    Salam. Mnembus jarak tanpa batas....

  2. Bravo senkom mitra polri .... semangat terus

Leave a reply

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Sebaiknya komentar sesuai berita yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Komentar ditayangkan setelah melalui moderasi. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

Menembus Jarak Tanpa Batas

Senkom Adalah

Translate

TIPS MUDIK BERMOTOR SENKOM

Video: Senkom Mitra Polri - Antara TV

POSTER SENKOM - WASPADA BEGAL MOTOR

POSTER SENKOM - WASPADA BEGAL MOTOR
Klik Gambar untuk Download